Artikel

Sejarah Desa

05 Januari 2019 15:38:09  Administrator  2.844 Kali Dibaca 

TREMAS, Berasal dari kata Patrem dan Emas.

PATREM adalah merupakan senjata sejenis keris kecil yang sangat ampuh, dan EMAS merupakan jenis logam mulia yang mahal harganya. Senjata Patrem dari Emas yang sangat bertuah tersebut adalah merupakan salah satu senjata yang dimiliki oleh KETHOK JENGGOT yang digunakan untuk Tumbal ditengah-tangah Desa, Tepatnya didusun Krajan dekat rumah kelahiran Bapak Susilo Bambang Yudoyono ( Presiden RI ) yang sekarang tempat itu diwakafkan untuk tempat ibadah ( Mushola ) yang bernama Mushola NAHDHOTUL UMAM.

Kethok Jenggot adalah pendiri Desa Tremas, yang nama mudanya adalah BAGUS SUDARMADJI yang berasal dari Desa Semanten yang merupakan salah satu abdi dalem keraton Surakarta Hadi Ningrat.

Berkat jasa beliau yakni dapat menumpas pemberontakan adipati BANTHENG WERENG, yang berniat untuk memberontak kepada raja.

Kematian BANTHENG WERENG tersebut dilaporkan KI BAGUS SUDARMADJI kepada Raja di Surakarta dan Ki bagus SUDARMADJI diberi hadiah tanah perdikan yang terletak disebelah Utara Desa Semanten, akhirnya menetaplah beliau diwilayah tersebut yang semakin tahun semakin banyak penghuninya karna tanahnya yang subur dan kondisi wilayahnya yang tentram dan sejuk penuh dengan ketenangan cocok untuk memperdalam pengetahuan dan agama.

Konon Ki BAGUS SUDARMADJI mempunyai dua buah senjata andalan yakni:  Sebuah Patrem yang pendoknya (gagangnya) terbuat dari emas yang ditancapkan ( sebagai tumbal) ditengah-tengah Desa ( sekarang berada di dusun Krajan dekat tempat kelahiran Susilo Bambang Yudoyono) akhirnya desa tersebut disebut desa Tremas.

Sedang senjata beliau yang satu berupa tongkat yang terbuat dari pucang yang berasal dari kalak (disebut Pucang kalak). Pda suatu hari Ki BAGUS SUDARMADJI melakukan semedi dibawah sebuah pohon dengan memegang tongkatnya, yang akhirnya beliau meninggal dunia dengan musno ( hilang dengan raganya) dan tongkatnya menancap diwilayah tersebut sampai sekarang disebut dusun kalak sekarang menjadi Kulak.

Ki BAGUS SUDARMADJI mempunyai jambang (jenggot yang sangat panjang dan tidak mempan dipotong dengan segala jenis senjata, akhirnya Ki BAGUS SUDARMADJI terkenal dengan sebutan Ketok Jenggot yang merupakan cikal bakal Desa Tremas.

Sampai sekarang tempat pusaka kethok Jenggot pada hari-hari tertentu masih mengeluarkan sinar namun hanya orang-orang yang mempunyai kelebiahan yang melihat sinar tersebut.

Desa Tremas dulu dibagi dalam dua bagian yakni bagian sebelah Barat dengan pusat pemerintahan di Kaloran, meliputi wilayah Karangasem, pageran, gunung lembu, gunung gong dan Pojok, sedang bagian yang satu terletak di Timur dengan pusat pemerintahan di Krajan , yang meliputi wilayah Krajan, Kulak, Tanjung, Karang gede, lenjoh dan Ngepoh. Dengan masing-masing bagian mempunyai Kepala Desa sendiri-sendiri, baru pada Pemerintahan Bapak Echsan dua bagian tersebut dijadikan satu yakni Desa Tremas, dengan membawahi enam dusun yakni dusun Krajan, Kulak, Pojok, Karangasem, Tanjung dan Lenjoh.

Ahmad Faruk
04 Juli 2020 06:04:46
Mohon info dicantumkan, nama-nama kepala desa Tremas per periode tahunnya. Trimaskasih

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Peta Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

Pemkab Pacitan
SID Sedayu SID Arjosari
SID Gunungsari SID Gembong
SID Borang SID Gegeran
SID Jetiskidul SID Jatimalang
SID Gayuhan SID Karangrejo

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Patrem No. 01 Desa Tremas Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa timur
Desa : Tremas
Kecamatan : Arjosari
Kabupaten : Pacitan
Kodepos : 63581
Telepon :
Email : Kantordesatremas@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:7
    Kemarin:7
    Total Pengunjung:49.633
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.175.255
    Browser:Tidak ditemukan